Selasa, 08 Agustus 2017

Beda alufoil beda metalize

 


Sering kita jumpai kemasan berwarna dasar silver, misalnya pada keripik buah, produk susu, snack-snack dan kemasan kemasan produk lainnya. secara umum masyarakat awam menyebut kemasan alufoil. padahal tidak semua kemasan yang berwarna keperak-perakan itu aluminium foil, dan fungsi dan manfaatnya-pun juga berbeda.
baiklah, pertama-tama akan kami sampaikan kemasan alufoil. secara umum, kemasan aluminium foil berwarna keperak-perakan. almunium foil memberikan perlindungan yang sempurna terhadap kelembaban, oksigen dan ultra violet. kemasan aluminium foil ini, jarang digunakan sendirian karena sifat-sifatnya yang mudah keriput dan mudah patah, sehingga pada umumnya aluminium foil ini dilaminasi dengan PET, LLDPE, PP atau yang lainnya.
Almunium foil umumnya digunakan untuk produk yang memerlukan umur panjang, sehingga produk-produk yang sifatnya mudah menyerap kelembaban (hygroskopis) hukumnya wajib menggunakan kemasan aluminium foil sehingga produknya menjadi tahan lama, misalnya : keripik buah (agar tidak mudah melempem), susu bubuk (agar tidak mudah menggumpal), caragenan (agar tidak menggumpal), dll.
sedang untuk produk-produk makanan yang berkadar pati tinggi (mis: keripik singkong, keripik telo, keripik tempe, dll) cukup menggunakan metallised film (bentuknya hampir sama dengan kemasan alufoil), bedanya pada fungsi dan ketahanan kemasan terhadap produk.
bagaimana cara membedakan antara aluminium foil dengan metallised bagi orang awam.
caranya mudah.
1. test bakar :
jika tidak ada bekas logam tebakar, tidak ada sisa pembakaran (pembakaran habis sempurna)=dapat dipastikan produk bukan alufoil. sedang ketika kita test bakar pada material, dam ada bekas lembaran tipis terbakar, maka dapat dipastikan adanya alufoil dalam material kemasan tersebut.
2. Test terawang :
jika diterawang ke sumber cahaya (matahari/ lampu) ternyata tembus pandang, maka dapat dipastikan bahwa material tersebut adalah metallised film, sedang jika diterawang ke sumber cahaya, dan tidak tembus pandang, maka kemungkinan besar adalah alufoil. namun tidak menutup kemungkinan metallised film juga tidak tembus cahaya (jika tebal)
semoga info yang sedikit ini bisa memberi banyak perubahan dalam pemilihan kemasan kita
Salam Kemasan UKM Cerdas
UKM Cerdas, pasti mitra AA Packaging

sumber: kemasan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar