Selasa, 08 Agustus 2017

Pengaruh Kemasan terhadap keputusan pembelian

brosur rotogravure

 

                                                                                                    
6
 
    Sudah lama ngga nulis dengan serius, sekali kali boleh dong coba-coba membuat artikel rada serius hee…, btw yang baca jangan ikutan serius yaa… biar artikelnya aja yang serius…..  OK.
    Selain selera pribadi konsumen dan kebiasaan tentunya, penampilan dan estetika kemasan juga memainkan peran penting dalam sebuah keputusan untuk membeli suatu produk. Selain itu waktu yang dihabiskan melihat produk, juga berpengaruh dalam keputusan pembelian. Singkat cerita semakin lama Anda memperhatikan kemasan, memegang sebuah
produk, membaca informasi yang terkandung didalamnya, hampir dapat dipastikan keputusan pembelian akan jatuh pada produk yang dipegang tersebut.  Selanjutnya cost and benefit akan menjadi pertimbangan konsumen.
                                                         
    Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh para peneliti dari University of Miami dan California Institute of Technology dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences, kemasan produk makanan akan memiliki pengaruh yang signifiksn dan penting bagi konsumen pada keputusan pembelian di sebuah toko.
    Para peneliti menunjukkan bahwa aspek estetika kemasan produk ‘(warna, kecerahan, tipografi, dll) akan mempengaruhi mata calon pembeli. ketika kemasan produk dipajang di rak-rak yang setinggi arah mata memandang, maka kearah itulah mata calon pembeli akan lebih tertuju.  semakin menarik kemasan dan desain grafisnya, maka akan semakin lama pula mata memandang produk tersebut, mengambil kemasan produk tersebut untuk dibaca informasi-informasi yang terkandung didalamnya dan pada akhirnya menjadi suatu keputusan untuk membeli produk tersebut.
    Dengan kata lain, produk visual yang menarik di rak, akan menarik mata konsumen dan meningkatkan perhatian yang pada akhirnya disertai dengan keputusan untuk membeli. sehingga dalam hal ini kemasan yang menarik memiliki pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian, selain preferensi konsumen.
    Menurut Milica Mormann, salah satu penulis penelitian, “ide besar di sini adalah bahwa proses persepsi terjadi dalam otak secara paralel dengan perhitungan nilai ekonomi dan dengan demikian mempengaruhi bagaimana keputusan ekonomi yang dibuat.”
 
 
Mengukur dan menganalisis gerakan mata    Untuk melakukan penelitian ini, beberapa peserta telah telah menunjukkan dan diminta untuk memilih antara empat makanan ringan manis dan produk permen (Twix, M & Ms, dll). Peneliti menganalisis gerakan mata mereka dan mengukur waktu yang dihabiskan melihat setiap produk dengan perangkat mata-pelacakan.Para ilmuwan juga menganalisis beberapa produk kemasan makanan, untuk menentukan aspek dan item yang paling efektif untuk menarik perhatian. dan sebagai hasilnya adalah daya tarik visual dan preferensi pribadi adalah faktor yang paling penting.
 
    Studi ini menunjukkan bahwa kemasan mempengaruhi konsumen dalam rasio 1: 3 atau 2: 3 dibandingkan dengan preferensi pribadi mereka. Jadi, jika selera konsumen memiliki pengaruh yang lebih besar, daya tarik visual produk masih memainkan peranan penting dalam keputusan untuk membeli.
    Peneliti dapat menentukan dan memprediksi, dari preferensi konsumen dan analisis kemasan, pola gerakan mata dan pilihan produk ‘.
Menurut Milica Mormann, “temuan ini dapat diterapkan untuk memandu desain lingkungan pilihan, untuk ‘menyenggol’ orang ke arah membuat pilihan yang optimal, misalnya : memilih pilihan makanan yang sehat untuk makan.”
 
 
Membuat kemasan perhatian menggambar untuk meningkatkan penjualan
    Menurut penelitian ini, penampilan umum, daya tarik visual dan kapasitas kemasan produk untuk menarik perhatian pembeli memiliki pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian, selain preferensi konsumen.
Ini adalah kesempatan bagi produsen dan merek untuk meningkatkan penjualan mereka dengan merancang kemasan lebih menarik secara visual yang akan menarik mata pembeli ‘di toko dan membawa perhatian terhadap produk mereka. Dan dengan demikian mempengaruhi keputusan pembelian.
Apakah anda punya pengalaman unik sekitar kemasan dan keputusan pembelian ?
silahkan sharing dengan memberi komentar di bawah, pengalaman anda sangat berharga dan layak untuk di share…
 
Salam
AA IndoPack
 
sumber: kemasan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar