Pengaruh Kemasan terhadap keputusan pembelian
- Hits: 106
Sudah lama ngga nulis dengan serius, sekali kali boleh dong coba-coba
membuat artikel rada serius hee…, btw yang baca jangan ikutan serius
yaa… biar artikelnya aja yang serius….. OK.
Selain selera pribadi konsumen dan kebiasaan tentunya, penampilan dan
estetika kemasan juga memainkan peran penting dalam sebuah keputusan
untuk membeli suatu produk. Selain itu waktu
yang dihabiskan melihat produk, juga berpengaruh dalam keputusan
pembelian. Singkat cerita semakin lama Anda memperhatikan kemasan,
memegang sebuah
produk,
membaca informasi yang terkandung didalamnya, hampir dapat dipastikan
keputusan pembelian akan jatuh pada produk yang dipegang tersebut.
Selanjutnya cost and benefit akan menjadi pertimbangan konsumen.
Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh para peneliti dari University of Miami dan California Institute of Technology dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences, kemasan produk makanan akan memiliki pengaruh yang signifiksn dan penting bagi konsumen pada keputusan pembelian di sebuah toko.
Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh para peneliti dari University of Miami dan California Institute of Technology dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences, kemasan produk makanan akan memiliki pengaruh yang signifiksn dan penting bagi konsumen pada keputusan pembelian di sebuah toko.
Para peneliti menunjukkan bahwa aspek estetika kemasan produk
‘(warna, kecerahan, tipografi, dll) akan mempengaruhi mata calon
pembeli. ketika kemasan produk dipajang di rak-rak yang setinggi arah
mata memandang, maka kearah itulah mata calon pembeli akan lebih
tertuju. semakin menarik kemasan dan desain grafisnya, maka akan
semakin lama pula mata memandang produk tersebut, mengambil kemasan
produk tersebut untuk dibaca informasi-informasi yang terkandung
didalamnya dan pada akhirnya menjadi suatu keputusan untuk membeli
produk tersebut.
Dengan kata lain, produk visual yang menarik di rak, akan menarik mata
konsumen dan meningkatkan perhatian yang pada akhirnya disertai dengan
keputusan untuk membeli. sehingga
dalam hal ini kemasan yang menarik memiliki pengaruh yang signifikan
dalam keputusan pembelian, selain preferensi konsumen.
Menurut Milica Mormann, salah satu penulis penelitian, “ide besar di
sini adalah bahwa proses persepsi terjadi dalam otak secara paralel
dengan perhitungan nilai ekonomi dan dengan demikian mempengaruhi
bagaimana keputusan ekonomi yang dibuat.”
Mengukur dan menganalisis gerakan mata
Untuk melakukan penelitian ini, beberapa peserta telah telah
menunjukkan dan diminta untuk memilih antara empat makanan ringan manis
dan produk permen (Twix, M & Ms, dll). Peneliti
menganalisis gerakan mata mereka dan mengukur waktu yang dihabiskan
melihat setiap produk dengan perangkat mata-pelacakan.Para
ilmuwan juga menganalisis beberapa produk kemasan makanan, untuk
menentukan aspek dan item yang paling efektif untuk menarik perhatian.
dan sebagai hasilnya adalah daya tarik visual dan preferensi pribadi adalah faktor yang paling penting.
Studi ini menunjukkan bahwa kemasan mempengaruhi konsumen dalam rasio
1: 3 atau 2: 3 dibandingkan dengan preferensi pribadi mereka. Jadi,
jika selera konsumen memiliki pengaruh yang lebih besar, daya tarik
visual produk masih memainkan peranan penting dalam keputusan untuk
membeli.
Peneliti dapat menentukan dan memprediksi, dari preferensi konsumen dan analisis kemasan, pola gerakan mata dan pilihan produk ‘.Menurut Milica Mormann, “temuan ini dapat diterapkan untuk memandu desain lingkungan pilihan, untuk ‘menyenggol’ orang ke arah membuat pilihan yang optimal, misalnya : memilih pilihan makanan yang sehat untuk makan.”
Peneliti dapat menentukan dan memprediksi, dari preferensi konsumen dan analisis kemasan, pola gerakan mata dan pilihan produk ‘.Menurut Milica Mormann, “temuan ini dapat diterapkan untuk memandu desain lingkungan pilihan, untuk ‘menyenggol’ orang ke arah membuat pilihan yang optimal, misalnya : memilih pilihan makanan yang sehat untuk makan.”
Membuat kemasan perhatian menggambar untuk meningkatkan penjualan
Menurut penelitian ini, penampilan umum, daya tarik visual dan kapasitas kemasan produk untuk menarik perhatian pembeli memiliki pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian, selain preferensi konsumen.Ini adalah kesempatan bagi produsen dan merek untuk meningkatkan penjualan mereka dengan merancang kemasan lebih menarik secara visual yang akan menarik mata pembeli ‘di toko dan membawa perhatian terhadap produk mereka. Dan dengan demikian mempengaruhi keputusan pembelian.
Menurut penelitian ini, penampilan umum, daya tarik visual dan kapasitas kemasan produk untuk menarik perhatian pembeli memiliki pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian, selain preferensi konsumen.Ini adalah kesempatan bagi produsen dan merek untuk meningkatkan penjualan mereka dengan merancang kemasan lebih menarik secara visual yang akan menarik mata pembeli ‘di toko dan membawa perhatian terhadap produk mereka. Dan dengan demikian mempengaruhi keputusan pembelian.
Apakah anda punya pengalaman unik sekitar kemasan dan keputusan pembelian ?
silahkan sharing dengan memberi komentar di bawah, pengalaman anda sangat berharga dan layak untuk di share…
Salam
AA IndoPack
sumber: kemasan.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar