Selasa, 08 Agustus 2017

ultimate customer

 


 
13902707_10206915751114003_8656996608454405512_n
Tak terasa sudah…. 9 tahun lebih melayani beliau tanpa kenal lelah. Mulai dari solo karir hingga tercipta sebuah team yang tangguh, beliau menjadi pelanggan setia kami. Kebersamaan kami bukan hanya menciptakan sebuah hubungan kerja saja, melainkan keterikatan emotional sehingga kami menganggap beliau adalah bagian dari perusahaan kami. Terima kasih Pak Radi, semoga jalinan biz dan persaudaraan kita berlanjut terus sampai dengan penerus penerus kita. Terima kasih atas segala support selama hampir 10 tahun.
Pentingnya kehadiran pelanggan tetap membuat banyak pemilik badan usaha berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Lalu, seperti apa langkah yang wajib diperhatikan pebisnis profesional agar konsumen kembali melakukan pembelian?

1. Do your Best

Hal pertama yang wajib dilakukan agar konsumen tetap setia memakai produk maupun layanan Anda adalah membuatnya mendapatkan lebih dari yang di Inginkan. Cari tahu apa yang mereka inginkan, dan pastikan mereka menemukannya pada produk yang Anda tawarkan, bahkan lebih.
Pastikan Anda memenuhi segala janji yang telah dibuat dan menjaga kualitas agar pelanggan tetap puas. Jika konsumen mendapatkan kesan baik dari layanan yang diberikan, maka dapat dipastikan mereka akan datang kembali dengan senang hati tanpa paksaan.

2. Say thank’s

Anda dapat memulai proses menjadikan konsumen baru sebagai pelanggan tetap dengan mengucapkan “terima kasih” begitu mereka setuju melakukan pembelian. Anda dapat menunjukkan rasa terima kasih itu sengan berbagai cara, mulai dari memberikan kartu ucapan terima kasih hingga mengundang makan malam.
Pastikan ungkapan terima kasih ini sesuai dengan nilai pembelian yang dilakukan konsumen. Jika Anda baru saja setuju menjual produk atau jasa senilai ratusan juta rupiah yang memiliki potensi cukup cerah di masa depan misalnya, jangan takut untuk mengeluarkan uang lebih untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

3.Ciptakan Hubungan Akrab dan Komunikatif

Mulailah meyakini bahwa menjalin hubungan yang akrab dan komunikatif dengan pelanggan tak pernah ada ruginya. Kita bisa melakukan berbagai cara untuk tetap menjalin hubungan baik, yakni dengan menelpon, mengirim SMS, mengirimkan email atau menjalin komunikasi melalui media sosial seperti #Facebook#Twitter atau #Instagram.
Jangan lupa untuk menanyakan keadaan dan ekspektasi pelanggan terhadap bisnis kita. Tak masalah menerima kritikan pedas atau saran yang mungkin membuat kita merasa agak kesal dan tak enak hati. Namun hal tersebut tentu lebih baik daripada kita harus menghadapi kepergian pelanggan yang kecewa dan tidak meninggalkan kritik atau saran sama sekali

4. Ikuti Perkembangan Konsumen

Mengikuti perkembangan konsumen cukup esensial dilakukan, terutama jika pelanggan Anda termasuk orang-orang penting. Anda dapat memasang layanan Google Alerts untuk konsumen khusus sehingga jika ada berita terbaru dari mereka tentang pencapaian terbaru dapat segera ditindaklanjuti, seperti dengan sekadar mengucapkan selamat atau yang lainnya.

5. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan bukan hanya dibutuhkan di awal penjualan-pembelian produk sebab hal itu sangat diperlukan untuk membangun hubungan dengan konsumen. Terdapat banyak cara yang bisa digunakan agar kepercayan tetap terjaga, seperti dengan memastikan kualitas produk atau memberikan penjelasan detail mengenai barang dan jasa yang ditawarkan.
Anda juga dapat membangun kepercayaan dengan memberitahu limitasi barang dan jasa yang ditawarkan. Tentu saja pemberitahuan ini harus diikuti dengan solusi untuk menanganinya.

6. Mencari Cara Membantu Konsumen

Banyak konsumen berpindah bukan karena produk dan layanan tak memuaskan, namun karena mereka merasa tidak diapresiasi. Cara paling tepat untuk mempertahankan pembelian selanjutnya adalah dengan mengikuti perkembangan konsumen dan menawarinya berbagai layanan yang Anda miliki.
Anda juga dapat memberitahu konsumen mengenai produk maupun layanan terbaru dengan harapan mereka tertarik dan datang untuk melakukan transaksi. Mempertahankan pelanggan setia dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis sekaligus meningkatkan keuntungan perusahaan. Tentu saja hal tersebut tidak datang dengan sendirinya karena memerlukan proses cukup panjang.
Anda dan divisi penjualan harus mampu membentuk tim solid yang mampu membangun kepercayaan pelanggan serta memberikan informasi berharga kepada konsumen. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan perusahaan akan terus mengalir dengan lancar dan tak perlu khawatir kehilangan pelanggan.
Sumber : berbagai sumber, pengalaman dan kemasan.net

1 komentar:

  1. Thinkpad X1 Titanium Parts - TI Tech | Titanium Art
    I recently titanium earrings purchased titanium coating the titanium trim reviews TI Tech titanium welder T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T- titanium density

    BalasHapus