ultimate customer
- Hits: 87
Tak
terasa sudah…. 9 tahun lebih melayani beliau tanpa kenal lelah. Mulai
dari solo karir hingga tercipta sebuah team yang tangguh, beliau menjadi
pelanggan setia kami. Kebersamaan kami bukan hanya menciptakan sebuah
hubungan kerja saja, melainkan keterikatan emotional sehingga kami
menganggap beliau adalah bagian dari perusahaan kami. Terima kasih Pak
Radi, semoga jalinan biz dan persaudaraan kita berlanjut terus sampai
dengan penerus penerus kita. Terima kasih atas segala support selama
hampir 10 tahun.
Pentingnya
kehadiran pelanggan tetap membuat banyak pemilik badan usaha berusaha
semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Lalu, seperti apa langkah
yang wajib diperhatikan pebisnis profesional agar konsumen kembali
melakukan pembelian?
1. Do your Best
Hal
pertama yang wajib dilakukan agar konsumen tetap setia memakai produk
maupun layanan Anda adalah membuatnya mendapatkan lebih dari yang di
Inginkan. Cari tahu apa yang mereka inginkan, dan pastikan mereka
menemukannya pada produk yang Anda tawarkan, bahkan lebih.
Pastikan
Anda memenuhi segala janji yang telah dibuat dan menjaga kualitas agar
pelanggan tetap puas. Jika konsumen mendapatkan kesan baik dari layanan
yang diberikan, maka dapat dipastikan mereka akan datang kembali dengan
senang hati tanpa paksaan.
2. Say thank’s
Anda
dapat memulai proses menjadikan konsumen baru sebagai pelanggan tetap
dengan mengucapkan “terima kasih” begitu mereka setuju melakukan
pembelian. Anda dapat menunjukkan rasa terima kasih itu sengan berbagai
cara, mulai dari memberikan kartu ucapan terima kasih hingga mengundang
makan malam.
Pastikan
ungkapan terima kasih ini sesuai dengan nilai pembelian yang dilakukan
konsumen. Jika Anda baru saja setuju menjual produk atau jasa senilai
ratusan juta rupiah yang memiliki potensi cukup cerah di masa depan
misalnya, jangan takut untuk mengeluarkan uang lebih untuk mengungkapkan
rasa terima kasih.
3.Ciptakan Hubungan Akrab dan Komunikatif
Mulailah
meyakini bahwa menjalin hubungan yang akrab dan komunikatif dengan
pelanggan tak pernah ada ruginya. Kita bisa melakukan berbagai cara
untuk tetap menjalin hubungan baik, yakni dengan menelpon, mengirim SMS,
mengirimkan email atau menjalin komunikasi melalui media sosial
seperti #Facebook, #Twitter atau #Instagram.
Jangan
lupa untuk menanyakan keadaan dan ekspektasi pelanggan terhadap bisnis
kita. Tak masalah menerima kritikan pedas atau saran yang mungkin
membuat kita merasa agak kesal dan tak enak hati. Namun hal tersebut
tentu lebih baik daripada kita harus menghadapi kepergian pelanggan yang
kecewa dan tidak meninggalkan kritik atau saran sama sekali
4. Ikuti Perkembangan Konsumen
Mengikuti
perkembangan konsumen cukup esensial dilakukan, terutama jika pelanggan
Anda termasuk orang-orang penting. Anda dapat memasang layanan Google
Alerts untuk konsumen khusus sehingga jika ada berita terbaru dari
mereka tentang pencapaian terbaru dapat segera ditindaklanjuti, seperti
dengan sekadar mengucapkan selamat atau yang lainnya.
5. Bangun Kepercayaan
Membangun
kepercayaan bukan hanya dibutuhkan di awal penjualan-pembelian produk
sebab hal itu sangat diperlukan untuk membangun hubungan dengan
konsumen. Terdapat banyak cara yang bisa digunakan agar kepercayan tetap
terjaga, seperti dengan memastikan kualitas produk atau memberikan
penjelasan detail mengenai barang dan jasa yang ditawarkan.
Anda
juga dapat membangun kepercayaan dengan memberitahu limitasi barang dan
jasa yang ditawarkan. Tentu saja pemberitahuan ini harus diikuti dengan
solusi untuk menanganinya.
6. Mencari Cara Membantu Konsumen
Banyak
konsumen berpindah bukan karena produk dan layanan tak memuaskan, namun
karena mereka merasa tidak diapresiasi. Cara paling tepat untuk
mempertahankan pembelian selanjutnya adalah dengan mengikuti
perkembangan konsumen dan menawarinya berbagai layanan yang Anda miliki.
Anda
juga dapat memberitahu konsumen mengenai produk maupun layanan terbaru
dengan harapan mereka tertarik dan datang untuk melakukan
transaksi. Mempertahankan pelanggan setia dapat menjadi salah satu cara
paling efektif untuk mengembangkan bisnis sekaligus meningkatkan
keuntungan perusahaan. Tentu saja hal tersebut tidak datang dengan
sendirinya karena memerlukan proses cukup panjang.
Anda
dan divisi penjualan harus mampu membentuk tim solid yang mampu
membangun kepercayaan pelanggan serta memberikan informasi berharga
kepada konsumen. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan
perusahaan akan terus mengalir dengan lancar dan tak perlu khawatir
kehilangan pelanggan.
Sumber : berbagai sumber, pengalaman dan kemasan.net
Thinkpad X1 Titanium Parts - TI Tech | Titanium Art
BalasHapusI recently titanium earrings purchased titanium coating the titanium trim reviews TI Tech titanium welder T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T-T- titanium density